0823-2511-3638 | 0857-2788-3446

cara membuat selempang wisuda

1
Tentukan ukuran yang Anda inginkan.[1] Selempang harus cukup panjang untuk mengikat pinggang dengan simpul sesuai selera Anda. Secara umum, selempang dengan panjang 1,8 m sudah menyediakan cukup kain untuk menciptakan simpul. Lebar bisa disesuaikan dengan selera Anda, tapi Anda harus melipatgandakan ukuran lebar untuk bagian depan dan belakang. Anda juga perlu menambahan 13 mm untuk kampuh jahitan.
Gambar berjudul Make a Sash Step 2
2
Potong kain selempangan Anda beserta bahas pelapisnya. Anda harus memotong persegi panjang dengan lebar yang sudah ditentukan. Anda juga harus memotong bahan pelapis dengan lebar dan ukuran yang sama.
3
Taruh bahan pelapis di atas kain. Sisi bahan pelapis yang mengkilat harus menghadap kain karena sisi itulah yang dilapisi bahan perekat. Bahan pelapis harus disematkan di sisi bawah atau sisi “salah” selempang Anda.
4
Siapkan kain lap penutup. Kain lap penutup harus terbuat dari bahan yang tahan panas, seperti sarung bantal tua yang terbuat dari kapas. Letakkan kain lap di atas selempang dan bahan pelapis, lalu basahi menggunakan botol sempot yang berisi air.
Gambar berjudul Make a Sash Step 5
5
Tekan kain lap menggunakan setrika hangat. Setrika harus sudah dihangatkan dengan pengaturan rendah. Jangan menyetrika kain lap dengan cara biasa, tapi mulailah setrika dari ujung bawah dengan cara menekannya di satu titik selama sepuluh detik. Dengan cara begitu, uap akan keluar dan merekatkan bahan pelapis dengan selempang.
6
Rekatkan sisa bahan pelapis dengan kain. Setelah semua bagian menempel, angkat setrika Anda dan pindahkan ke titik di samping bagian yang baru direkatkan. Teruskan sampai selempang dan bahan pelapis menjadi satu. Jika perlu, pindahkan dan basahi ulang kain lap Anda.
7
Lepaskan kain lap secara perlahan. Lepas kain lap jika sudah dingin dan dapat disentuh tangan. Uji kerapatannya dengan cara menarik sisi selempang dan bahan pelapis secara perlahan. Jika keduanya melekat, berarti Anda berhasil. Jika tidak, Anda harus mengulangi langkah mengenai bahan pelapis atau mencoba menggunakan bahan pelapis lain.
Gambar berjudul Make a Sash Step 8
8
Lipat kain selempang Anda secara memanjang. Panjang selempang harus tetap sama, namun lebarnya dibagi menjadi setengahnya. Sisi bawah atau sisi “salah” harus tampak, sedangkan sisi atas atau sisi “benar” harus saling berhadapan. Sematkan dan setrika lipatan itu.
9
Potong sisi ujung menyerupai segitiga. Lipat selempang secara melebar untuk sementara agar kedua sisi bisa bertemu, lalu sematkan. Potong garis diagonal di sudut bagian atas di mana kedua sisi ujung bertemu. Potong semua lapis kain dan buka kembali lipatan ke panjang semula. Kedua ujung akan sama besar karena Anda memotongnya secara bersamaan.
10
Jahit sudut yang terbuka. Sisakan kampuh jahitan sepanjang 6 mm. Mulailah menjahit dari sudut atas, lalu menuju bawah melalui sisi dalam dan luar agar selempangnya tertutup. Tapi, Anda harus menyisakan sekitar 10 cm di bawah agar bisa diputar balikkan.
11
Potong sudut. Potong kampuh jahitan di keempat sudut selempang Anda supaya mudah diputar balikkan.
12
Putar balikkan kain selempang. Anda dapat melakukannya dengan cara menekan dan menarik kain melalui celah di bawah kiri selempang secara perlahan menggunakan jari Anda. Anda juga bisa menarik kain dari lubang dengan tutup pulpen, pensil tumpul, atau paku kayu.[2]
13
Tekan lagi selempang Anda. Setelah mengeluarkan sisi yang benar, gunakan setrika untuk menekan lipatan secara perlahan. Selempang harus dilipat dengan benar. Jika tidak, jahitan akan terlihat ketika Anda memakai selempangnya.
14
Tutup lubangnya. Anda bisa menggunakan berbagai macam teknik menjahit untuk menutup lubangnya. Bila ingin membuat selempangmu terlihat seperti seragam, coba gunakan teknik menjahit setik tindak atas.
Untuk mendapat layanan yang full dari kami, maka kami sarankan untuk menge chat via kontak CS-ADMIN kami bisa WA, SMS, TELP, LINE. Dari situ agan akan diarahkan ke step order selanjutnya atau bagi agan yang belum punya desain bisa kami bantu untuk desainkan. Jangan ragu untuk menghubungi Konveksi Kaos Semarang di SURYOKONVEKSI.Karena kami sudah menjadi spesialis pembuatan atau produksi kaos di berbagai daerah se – NUSANTARA.

www.suryokonveksi.blogspot.com
www.centerkonveksi.com
www.suryokonveksi.com
www.jasatailor.com
082325113638 / 085727883446
Bagi kalian yang sedang mencari Jasa Konveksi Kaos Semarang, maka kamilah solusinya. Tidak percaya, BUKTIKAN !!! Selain Konveksi Semarang Kita Juga Bisa Produksi Konveksi Kaos semarang, Produksi Kaos semarang dan Konveksi Kaos Jogja

Close Menu
×
×

Cart